Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1990 oleh Indomobil Group dengan nama Mazda MR90. Nama Mazda MR awalnya merupakan singkatan dari Mobil Rakyat. Sejarah dari mobil ini bisa dilihat pada era 80an dimana pada saat itu Indomobil sudam memiliki mesin sendiri namun membutuhkan sasis dan bodi untuk membuat proyek mobil nasional. Karena dirasa mahal, akhirnya Indomobil membeli moulding atau cetakan untuk Mazda 323 keluaran 70an untuk dikembangkan menjadi mobil rakyat. Memasuki dekade 1990an, akhirnya proyek mobil rakyat ini berjalan dengan lumayan mulus dengan diluncurkannya Mazda MR. Mazda MR juga sempat gencar ditayangkan iklan televisi dan brosurnya dengan jargon "Anda Bukan Barang" dimana disitu terdapat sebuah sasis pickup jadul dengan jok yang diduduki oleh karung .
Sayangnya Mazda MR90 gagal diterima sebagai mobil nasional, nama MR sendiri akhirnya berubah menjadi MisteR Ninety (90). Kegagalan mobil ini disebabkan karena harga jualnya yang pada saat itu dirasa mahal karena mobil ini masuk kategori sedan dengan pajak barang mewah yang tinggi. Pada saat itu Toyota Kijang yang menjadi target utama Mazda MR hanya seharga 18 juta sedangkan Mazda MR dengan fitur yang hampir mirip (AC tanpa PS dan PW) dijual dengan harga 24 juta. Pada tahun 1993 mazda MR mengalami facelift dan meninggalkan nama MR90 dan menggantinya dengan nama Mazda Baby Boomers. Proyek mobil ini kemudian berlanjut diteruskan oleh Mazda Vantrend yang berbentuk station wagon.
Mazda MR90
- Bumper depan dan belakang terbuat dari plat besi
- Velg standar (kaleng) ring 13 inch
- Speedo meter, temp meter dan fuel meter sama dengan 323 lama.
- Masih menggunakan platina
Dipasaran, mobil ini dihargai dengan harga yang cukup murah. Harganya berkisar antara 10juta sampai 20juta saja. Mobil ini merupakan pilihan paling baik untuk keluarga kecil yang menginginkan transportasi untuk 4 orang penumpang namun tidak memiliki banyak biaya atau yang menginginkan naik mobil namun hanya punya dana yang hanya cukup untuk membeli motor. Selain harganya yang murah, perawatan dan pemeliharaan mobil ini juga tergolong murah karena teknologi yang digunakan masih sangat sederhana dan banyak bengkel bisa menanganinya. Bahkan jika mau, andapun juga bisa memperbaikinya sendiri.
Kelebihan mobil ini adalah perawatannya yang mudah dan murah. Hanya saja karena didesain untuk menjadi mobil yang terjangkau bagi seluruh kalangan, ada beberapa part yang seharusnya terbuat dari besi malah terbuat dari karet atau plastik yang berakibat pada durabilitas. Handling mobil ini cukup enak meski bagian belakang mengayun jika tidak ada penumpang. Konsumsi BBM juga terkenal sangat irit walaupun teknologi jadul. Kelemahan atau kekurangan mobil ini ada pada masalah mesin yang mudah overheat.