Hoda Cb 200

Honda CB200 dual-sport yang dibuat dari tahun 1970 hingga 1980. 

Dipersenjatai Mesin 200 cc Inline-Twin, Tentunya Motor ini jelas memiliki reputasi yang cukup Brilian ! Mengingat kala itu, Sport dengan kubikasi 200 cc masih menggunakan Silinder-Tunggal. . . Menilik ke jantung pacunya, Honda CB200-Twin dibekali Mesin 4-Tak, 198 cc, OHC 4 Valve (2 Valve per Silinder) , dengan pendinginan mesin tradisional, Air-Cooled. . .

Dibekali 2 Karburator Keihin berukuran 18 mm sebagai penyuplai BBM ke Mesin 2 Silindernya, CB200-Twin memiliki catatan power yang cukup mumpuni untuk motor yang beredar di Masanya. . . Yup ! Motor yang pernah memenangkan Anugerah “Bike of The Year” versi Cycle World ini, Mampu memuntahkan Power hingga 17 HP @ 9.000 RPM & Torsi Maksimum 13 N.m @ 7.000 RPM. . .












Honda beat 2023

Honda Beat 2022 - 2023 ditawarkan dalam 3 varian - mulai Rp 16,66Juta hingga Rp 17,46Juta , varian entry levelnya yaitu 2021 Honda Beat CBS Rp 16,66Juta dan varian tertingi Honda Beat yaitu 2021 Honda Beat Deluxe ditawarkan dengan harga Rp 17,46Juta.decoration-line: none;">Kapasitas tangki bahan bakar: 3,7 sampai 4,2 l
Baterai: 12 V
Kecepatan maksimum: 94 sampai 145 km/jam






Fitur apa saja sih yang membuat Honda BeAT disukai bikers Indonesia?

1.   Teknologi sasis eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) sasis motor yang dirancang khusus untuk kelincahan saat berkendara.

2.   Mesin 110 cc berpendingin udara eSP.

3.   Efisiensi BBM hingga 60,6 km / liter dengan penggunaan fitur ISS

4.   Kapasitas fuel tank lebih besar hingga 4,2 liter.

5.   Kecepatan maksimum hingga 94 km/jam.

6.   Akselerasi mencapai 12,6 detik pada jarak 0 – 200 m.

7.   Combi Brake System (CBS) untuk tipe CBS dan CBS ISS.

8.   Lampu depan LED.

9.   Ban tubeless dengan desain velg sporty.

10. Fitur ECO Indicator yang akan membantu anda berkendara secara irit. Jadi kalo cara riding Brad & Sis irit, indikator ini akan menyala di panel meter.

11.   Panel meter digital – analog.

12.   Socket power charger (khusus untuk tipe CBS-ISS dan Deluxe).

13. Standar samping otomatis (side stand switch) – Mesin tidak dapat dinyalakan saat standar samping dalam posisi turun sehingga mencegah pengendara lupa menaikkan standar samping.

14. Tuas pengunci rem – Mencegah motor loncat saat mesin dihidupkan dan lebih nyaman saat berhenti di tanjakan atau turunan.

15. Secure key shutter – Sistem penguncian bermagnet yang kuat dan nyaman, untuk menghindari resiko pencurian.

16.   Kapasitas bagasi besar (12 liter).

Nah, untuk varian BeAT Street, berikut fitur yang membedakannya:

1.   Grafis desain stripe yang membuat karakter motor fun dan ekspresif.

2.   Konsep desain motor Urban Street Style yang lekat dengan aktivitas sporty anak muda.

3.   Naked handlebar.

4.   Panel meter full digital dengan background layar berwarna biru dan ukuran yang lebih besar.

5.   Koleksi warna yang berbeda dari BeAT biasa yang disukai anak muda.

 

Saat ini Honda BeAT tersedia melalui empat varian berbeda, yakni CBS, CBS-ISS, Street, dan yang termahal Deluxe.





Mengenal Throttle Body Injection

Mesin berteknologi injeksi dilengkapi banyak komponen pendukung dalam proses pembakaran udara dan bensin di ruang mesin. Di Throttle Body banyak posisi sensor unit diletakkan, terdapat sensor suhu udara, sensor tekanan udara dan sensor posisi bukaan gas.

Sedangkan pada system Fuel Injection maka sinyal dari sensor sensor yang terdapat pada Throtle Body yang berperan dalam menentukan jumlah pasokan bahan bakar yang akan dibakar diruang bakar.. Artinya , settingan dapat berubah secara otomatis berdasarkan perubahan sinyal yang diterima oleh Engine Contro Unit / ECU..
Komponen Sensor didalam  Throtle Body terintegrasi menjadi satu yang dinamakan Modulated Air Quantity Sensor / MAQS . Sensor sensor tersebut yang berfungsi memberikan sinyal ke ECU / Engine Control Unit berupa tegangan arus listrik..
Sensor sensor yang tergabung dalam MAQS tersebut adalah :
  1. Intake Air Temperature Sensor  berfungsi mendeteksi perubahan  suhu udara didalam Intake Manidold
  2. Intake Air Pressure Sensor berfungsi mendeteksi perubahan Tekanan Udara didalam Intake Manifold..
  3. Throtle Position Sensor berfungsi memonitor perubahan sudut buka tutup Throtle buttterfly pada Throtle Body yang berhubungan dengan buka tutup  Handle gas..
Selain ketiga sensor diatas , pada Throtle Body juga ada Actuator yang dinamakan Fast Idle Solenoid / FID . FID ini memiliki fungsi dan cara kerja mirip Choke yang terdapat pada Karburator. Yaitu membuat campuran bahan bakar menjadi kaya saat kondisi mesin dingin , sehingga mesin mudah dinyalakan .  FID membuka dan menutup valve nya diatur oleh ECU sesuai dengan kondisi mesin yang sinyalnya didapat dari Thermosensor..

Nach , setelah ECU mengolah semua Data berupa sinyal yang diterima dari MAQS , selanjutnya ECU mengirimkan sinyal ke Injector untuk menginjeksikan sejumlah bahan bakar keruang bakar dan menentukan waktu pengapian bersamaan dengan sinyal yang diterima dari Crank Position Sensor..
Begitulah kurang lebihnya fungsi dan cara kerja Throtle Body pada motor Fuel Injection..